Manchester United 2012 – 2013

Anggap Robin Van Persie jadi skuad Manchester musim ini, dipastikan MUFC mempunyai pilihan yang mumpuni di lini depan untuk membobol gawang lawan. Disebutkan bawah secara statistik Persie dan Rooney saling melengkapi. Persie berjaya dengan kaki kiri dan dan di dalam area kotak pinalti, Rooney sebaliknya, jaya dengan kaki kanan dan dari luar area kotak pinalti. Silahkan ditelusuri lebih jauh tentang statistik mereka berdua yang saling melengkapi. Wellbeck dan striker opurtunis Hernandez menjadi alternatif striker yang tidak dapat diremehkan. Jika Berbatov dan Macheda tidak dijual atau dipinjamkan, tentu amunisi untuk membidik gol ke gawang lawan akan semakin variatif. Jika saat ini PES atau FM diterbitkan maka mengendalikan MUFC akan sungguh menyenangkan.

Itu di sektor depan, bagaimana dengan tengah hingga ke kiper?
Untuk urusan kiper MUFC sangat beruntung karena Lindegaard dan De Gea mempunyai kualitas yang dapat disebut setara. Keduanya harus selalu dalam kondisi top form untuk mencuri kepercayaan dari Sir Alex. MUFC dijamin akan mempunyai standart tinggi untuk urusan penjaga gawang. Sepanjang yang saya tahu bahkan sejak jaman Peter Schemeichel hal ini tidak terjadi. Di Era Fabian Barthez, Tim Howard gagal menciptakan kompetisi tinggi.

Di bagian barisan pertahanan MUFC masih sedikit mengkhawatirkan. Rio Ferdinand Nemanja Vidic dapat dilapis oleh Evans, Jones, dan Smalling. Jones dan Smalling dapat juga menjadi pilihan di bek kanan selain Rafael dan Valencia. Di sisi kiri hanya ada vice captain Patrice Evra, Ezekiel Fryers masih terlalu hijau untuk menjadi deputinya. Jika Leighton Baines jadi berpindah ke Manchester United seperti pernah diisukan di awal masa transfer tentu akan memberi garansi untuk lebih tenang.

Lini tengah semakin sesak dengan hadirnya Kagawa Shinji yang musim lalu menjadi salah satu kartu as Borussia Dortmund. Valencia, Nani, Giggs, Scholes, Young, Cleverley, Carrick, Anderson, Anderson, Fletcher, Bebe, dan Nick Powell. Banyak pilihan, namun diantara nama-nama itu saya masih belum melihat ada satu orang yang bisa memberikan jaminan pelapis yang mumpuni untuk barisan tengah pertahanan, gelandang bertahan yang mumpuni. Yang berfisik kuat, bermain keras, dan tanpa kompromi berhadapan dengan lawan. Carrick, Fletcher, dan Cleverley belum sepenuhnya masuk kategori yang saya sebut. Ini salah satu masalah musim lalu. Masalah lainnya, otak serangan, rasanya akan tertutupi melalui Kagawa. Saya berharap musim ini dapat melihat Cleverley bermain dalam banyak pertandingan, dan Nick Powell memperoleh kesempatan cukup banyak.

Kesemuanya ini menjadi modal yang menjanjikan bagi Manchester United untuk bersaing merebut gelar juara Liga Inggris musim ini. Meski tidak akan mudah tentunya karena klub lain juga melakukan persiapan sebaik-baiknya.

Iseng utak – atik starting eleven Manchester United dalam berbagai formasi.

(Kanan ke kiri)

1. 442
De Gea
Rafael, Ferdinand, Vidic, Evra
Valencia, Kagawa, Cleverley, Nani
Rooney, Van Persie

* Jika Young mengisi posisi Valencia, maka ia dan Nani dapat saling bertukar posisi.

2. 433
De Gea
Valencia, Ferdinand, Vidic, Evra
Cleverley, Kagawa, Carrick
Rooney, Wellbeck, Van Persie

* Alternatif jika bagi Rooney dan Van Persie adalah Nani atau Young. Alternatif bagi Wellbeck adalah Rooney, Van Persie, Hernandez.

~ tulisan ini saya buat sebelum musim baru bergulir. Namun karena ada hambatan maka baru sekarang dapat saya posting.

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: