John Terry

Skandal John Terry (JT) babak dua membuat Capello meletakkan jabatannya sebagai manager tim nasional Ingrris. Babak pertama membuat Wayne Bridge pensiun dini di timnas. Babak satu setengah membuat Capello nyaris dicopot dari jabatannya. Tulisan ini membahas tentang babak kedua.

Berawal dari ulah rasialis JT terhadap adik Bek Manchester United Rio Ferdinand yaitu Anton Ferdinand, bola kemudian menggelinding hingga PSSI Inggris mencabut jabatan kapten timnas Inggris dari lengan JT. Capello merasa dilangkahi dan mengundurkan diri. Kebenaran kasus rasialis itu belum diputuskan memang namun sepertinya hanya menunggu waktu.

Entah apa yang ada di pikiran JT sehingga mengeluarkan kata-kata demikian kepada Anton Ferdinand padahal JT adalah satu dari dua tembok tangguh di lini pertahanan Inggris bersama Rio Ferdinand sang abang korban. Logikanya JT dan Rio adalah dua teman baik atau setidaknya saling menghormati, lalu kenapa bisa JT melontarkan sikap rasis itu kepada sang adik kawannya? Bukankah itu artinya JT bersikap sama pada Rio Ferdinand?

Di Chelsea sendiri ada beberapa pemain dari benua Afrika dan mereka menjadi tulang punggung klub, sebut saja Drogba dan Essien. Apakah pemain-pemain dari benua Afrika yang bermain di Chelsea tidak ikut gerah melihat sikap rasial JT?

Lebih jauh lagi, di timnas Inggris ada beberapa pemain yang berkulit hitam atau mungkin keturunan. Apakah mereka tidak risih pada sikap JT?

Adakah rasial yang dilakukan JT ke Anton Ferdinand adalah sesuatu yang berbeda sehingga hanya khusus menyinggung Anton dan bukan semua pemain lain yang berkulit hitam atau keturunan?

Sangat disayangkan jika JT harus pensiun dari timnas Inggris karena sikapnya ini.

Semoga bermanfaat. Salam.

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: