Keamanan Sepeda Motor

Beberapa hari yang lalu saya menyadari bahwa pengaman di lubang kunci sepeda motor Honda New Megapro (NMP) saya sudah tidak berfungsi. Dalam artian pengamannya dapat diputar dengan tangan tanpa harus menggunakan kunci. Catatan, NMP saya baru berumur 8 bulan. Saya berpikir apakah karena ada kesalahan saya dalam membuka dan menutupnya? Yang saya ingat saya menggunakannya normal dan tidak pernah memaksakan berlebihan. Kalaupun sekali waktu saya pernah memaksa apakah semudah itu jebol?

Beberapa bulan yang lalu saat NMP saya baru sekitar sebulan atau dua bulan saya dapatkan, saya berkomentar tentang kunci pengaman di Honda Tiger teman serumah saya yang sudah jebol. Dia lalu bilang bahwa saya juga akan mengalaminya beberapa bulan lagi. Saya bilang tidak, karena saya akan merawat sepeda motor saya dan parts serta fungsi-fungsinya. Sekarang teman saya tertawa karena dugaannya benar.

Nah beberapa saat lalu saya iseng mengecek Honda Tiger teman saya yang lain yang saya tahu sangat merawat sepeda motornya. Nah ternyata kunci pengaman dia pun sudah jebol. Saya tanya kenapa? Dia pun tidak tahu jawabannya.

Adakah info untuk saya tentang ini?
Apakah memang semudah itu jebol?
Apakah ini hanya pengaman basa-basi dari Honda?

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat pesan dari teman tentang modus baru pencurian sepeda motor. Pencuri membawa plat nomor dan STNK yang sesuai. Lalu di parkiran ia mencopot plat nomor asli motor korban dan mengganti dengan plat nomor yang ia bawa. Kepada petugas parkir ia mengatakan bahwa tiket parkirnya hilang. Petugas meminta STNK dan ia memberi STNK yang sudah sesuai dengan plat nomor. Mengganti tiket yang hilang seharga maksimal lima puluh ribu rupiah dan lalu ngacir dengan motor curian.

Dua hal yang semakin mengancam keamanan sepeda motor siapa saja. Mengingat gembok tambahan sudah (katanya) sangat mudah di jebol maka mudah rusaknya fungsi pengaman bawaan pabrik semakin memiriskan keadaan. Semakin miris lagi dengan adanya modus pencurian seperti yang saya dengar.

Semoga bermanfaat. Salam.

Advertisements
Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: