Catatan Untuk Desain Motor Baru

Sepeda motor dan musim hujan. Apa gerangan yang menarik minat saya pada dua hal tersebut?

Begini, saya memperhatikan akhir-akhir ini desain sepeda motor yang ada semakin membuka bagian belakangnya. Nungging dan spakbor tinggi, dalam artian kurang menutupi ban belakang.

Jika dipakai dalam kondisi hujan atau jalan berair maka tak pelak memberi cipratan yang lumayan bagi pengendara di belakangnya. Selain membuat kotor kendaraan pengendara di belakang, cipratan itu juga dapat membahayakan karena dapat sampai ke area visor helm. Sedangkan dalam kondisi hujan, biasanya pengendara membuka visor helmnya.

Walau menurut saya ada sisi positif dari derasnya cipratan air dari ban belakang sepeda motor yang di depan yakni pengendara jadi menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Saya setuju bahwa desain sepeda motor belakangan ini semakin enak dilihat, tapi bukan berarti faktor keselamatan bersama dalam berkendara diabaikan dong? akan lebih ideal jika enak dilihat namun tetap mendukung keselamatan bersama kala berkendara.

Rasanya kurang sreg untuk kembali ke model spakbor lama dan untuk itu semoga pabrikan memberi perhatian juga di sisi ini dalam mendesain produk – produk mereka ke depan. Di lain sisi kita yang berkendara dengan sepeda motor juga lebih proporsional memacu kendaraan di jalan saat hujan atau jalan berair.

 

catatan: foto hanya ilustrasi, tidak mendeskriditkan pabrikan tertentu 🙂

Advertisements
Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: