[Movie Review] ONCE

Film produksi 2006 ini akhirnya dapat saya tonton di akhir pekan kemarin. Sebuah film drama romantis sederhana. Saya tambahkan kata “sederhana” karena tiga hal, pertama adalah karena ceritanya tidak dibumbui oleh banyak konflik atau berbagai kejutan dalam setiap scenenya. Kedua adalah karena film ini dibuat dengan budget yang tidak terlalu besar. Ketiga adalah karena ini tentang kehidupan dua orang manusia yang tingkat ekonominya sederhana. Sederhana bukan berarti picisan.


Garis besar cerita ini adalah tentang seorang laki-laki dan perempuan yang sama-sama kesepian, sama-sama membutuhkan kasih sayang, sama-sama berjuang hidup di jalan, sama-sama dapat bermain musik dan menyukai musik. Lagu-lagu yang dicipta dan dinyanyikan oleh kedua tokoh ini yang menjadi kekuatan utama film ini menurut saya. Sebagai bukti, Falling Slowly meraih penghargaan sebagai Best Academy Award for Best Original Song di tahun 2007. Saya sendiri jauh sebelumnya pernah mendengar lagu ini namun tidak mengetahui filmnya. Luar biasa.

Selain lagu Falling Slowly menurut saya lagu lainnya yang menarik dan ditampilkan dengan pas dalam film ini adalah If You Want Me. Jika dalam Falling Slowly vokal utamanya adalah tokoh pria maka di dalam lagu ini vokal utamanya adalah tokoh utama perempuan. Disebutkan If You Want Me diciptakan oleh si tokoh laki-laki namun ia belum pernah dapat menemukan lirik yang dirasa pas hingga akhirnya si tokoh perempuan yang menulis liriknya. Romantis. Opss, semoga saya tidak terlalu jauh bercerita isi filmnya ūüôā

Lagu lainnya? Lies, Falling From The Sky, atau Say It To Me dan The Hill yang beremosi dalam adalah pilihan-pilihan yang menarik untuk didengar.


Seperti film non Hollywood pada umumnya maka di film ini kita akan disuguhkan akhir cerita yang memberi kejutan, silahkan nilai sendiri apakah ini adalah akhir yang manis atau justru sebaliknya. Saya punya penilaian sendiri namun akan saya simpan agar anda tidak kehilangan rasa saat berkesempatan untuk menontonnya. Satu sampai sepuluh, saya memberi tujuh koma lima untuk film ini.

Tautan:
Jonathan David’s Blog

IMDB

Wikipedia

Youtube

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: