Bawah Kena, Atas (Harusnya Juga) Kena.

Persyaratan permohonan SIM Umum berdasarkan Pasal 83 ayat (1), (2), dan (3) UU No. 22 Tahun 2009:

Persyaratan Usia

SIM A Umum 20 tahun

SIM B1 Umum 22 tahun

SIM B2 Umum 23 tahun

Persyaratan Khusus

Lulus Ujian Teori

Lulus Ujian Praktik

Syarat tambahan berdasarkan Pasal 8 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009:

Permohonan SIM A Umum harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya 12 bulan

Permohonan SIM B1 Umum harus memiliki SIM B1 atau SIM A Umum sekurang-kurangnya 12 bulan

Permohonan SIM B2 Umum harus memiliki SIM B2 atau SIMB1 Umum sekurang-kurangnya 12 bulan

Saya mengambil tulisan di atas dari Wikipedia. Sepengetahuan saya apa yang tertera di atas itu masih dipakai sebagai persyaratan mendapatkan SIM.

Simpel saja, menurut saya jika ada minimal umur untuk mendapatkan SIM (berkendara) mengapa tidak ada batas maksimal memiliki SIM (berkendara). Logika saya ada masa dimana seseorang mulai berkurang tingkat reflek dan ketangkasannya, dua hal yang menurut saya mempunyai peran dalam keselamatan berkendara di jalan raya. Kalau saya tidak salah ingat, pegawai negeri ada usia pensiun. Pemberlakuan usia pensiun itu tentu karena ada alasan-alasan tertentu terkait kinerja.

Nah, menurut anda bagaimana bro?

Semoga bermanfaat. Salam.

Tagged , ,

Leave a Reply

