Kematian

Saat saya sedang sendiri bermain game di salah satu lorong rumah sakit ketika menunggui kekasih saya yang sedang dirawat inap, seketika meledaklah tangisan dari gedung sebelah (yang hanya dipisahkan oleh tembok setinggi 2 meter dari tempat saya berada).
Gedung sebelah adalah tempat perawatan intensif, tentu pasien yang ada di sana adalah pasien yang sakitnya membutuhkan perhatian lebih. Tangisan bersahut-sahutan itu merupakan pertanda yang mudah ditebak yakni telah meninggal seseorang dalam gedung perawatan itu, sanak keluarga yang ditinggal berduka.
Saya tetap menikmati permainan yang ada dihadapan saya, sementara isak tangis semakin bersahutan. Saya teringat pada almarhum Bapak saya yang meninggal sekitar 5 tahun lalu. Ah saya rindu padanya…
Lebih lanjut kemudian menyeruak dalam pikiran saya adalah pertanyaan mengapa kita harus menangis jika ada seorang yang kita kenal meninggal?
Jika anda bertanya kepada saya: “mengapa anda menangis saat Bapak anda meninggal?”
Jawab saya: “siapa bilang saya menangis ketika itu?”

Bukan. Saya bukannya tidak mengasihi beliau makanya tidak menangis. Dalam kekurangannya sebagai manusia, buat saya dia adalah Bapak terhebat bagi saya.
Saya tidak bisa menangis saat itu. Saya yang mengetahui kisah hidup Bapak saya dengan cukup detail justru merasa bangga dan bersyukur bahwa Bapak saya dipanggil Bapa di surga saat itu juga. Dia menutup hidupnya dengan indah, dengan keadaan dimana dia sudah menaruh Sang Juru Selamat di tempat pertama dalam hati, pikiran, dan jiwanya.

Kelahiran di sambut dengan sukacita, dan kematian dilepas dengan dukacita. Haruskah?

Semoga bermanfaat. Salam.

Advertisements
Tagged , , ,

One thought on “Kematian

  1. cleaninghome says:

    Hello my friend! I want to say that this post is amazing, nice written and include approximately all important infos. I would like to look more posts like this.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: