Tawon

Ok hari ini di saya membaca sesuatu yang menarik dikatakan bahwa di awal tahun nanti mobil – mobil berharga murah akan diluncurkan ke daerah – daerah. Dengan kisaran empat puluh juta rupiah masyarakat sudah dapat memiliki mobil yang katanya produksi dalam negeri itu.

Seselesai membacanya saya berpikir bahwa ternyata segenap lapisan masyrakat Indonesia diajak menjadi konsumtif, tidak hanya warga perkotaan saja. Konsumtif pengertian saya di sini adalah membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Membeli lebih kepada karena gaya atau gengsi. Sebabnya saya melihat mobil ini tidaklah dari jenis mobil pengangkut yang mungkin bisa digunakan sebagai sebagai alat mempercepat distribusi hasil pertanian atau industri rumahan mereka.

Entahlah, bukan saya tidak setuju masyrakat pedesaan dimasuki oleh kemajuan teknologi hanya saja baiknya masyarakat dipersiapkan dahulu untuk menerima hal itu. Contoh sederhana adalah pada masa boomingnya telepon selular berkamera masuk ke berbagai lapisan masyarakat, fungsi telepon selular tersebut agak bergeser menjadi alat merekam adegan syur atau alat menonton 3gp, dan hal ini sudah menjadi rahasia umum rasanya.

Semoga apa yang saya sangkakan melalui tulisan ini tidak terjadi di kemudian hari.

Advertisements
Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: