Belajar Berhitung

Saya ini sudah lama tidak belajar berhitung, supaya tidak lupa kali ini saya mau belajar berhitung, begini:

Rumah/kontrakan/kos saya berjarak 5.000 Rupiah dari kantor, maka pulang pergi adalah 10.000. Saya bekerja 5 hari dalam seminggu maka seminggu :

10.000 X 5 = 50.000

Sebulan : 4 x 50.000 = 200.000 Rupiah.

Lancar nih kalau hitungan soal hepeng aka uang 🙂

Di weekend katakan saja saya menghabiskan uang untuk ongkos pulang pergi adalah : 20000.

Maka Sabtu dan Minggu : 40000.

Dalam sebulan : 4 X 40000 =160000

Dalam sebulan pengeluaran saya untuk ongkos kendaraan umum : 200.000 + 160.000 = 360.000

Katakanlah pengeluaran tidak terduga untuk ongkos adalah 140.000.

Maka: 360.000 + 140.000 = 500.000

Lumayan lancar berhitungnya kan?

Selain hitung – hitungan pengeluarannya, saya juga coba hitung – hitung kekurangan dan kelebihan dari beraktivitas dengan kendaraan umum :

1.Ruang gerak terbatas karena umumnya di atas jam 11 malam sudah susah mencari kendaraan umum, jikapun ada ialah taksi atau omprengan yang membutuhkan biaya ekstra.

2. Di saat jam berangkat dan pulang kerja hampir selalu bertemu kemacetan di jalan dan berdesakan di dalam kendaraan umum (syukur kalau ga ketemu yang BB) :p

3. ….. (Silahkan diisi sendiri sesuai pengalaman)

Kelebihan:

1. Tidak ada pengeluaran tambahan untuk perawatan kendaraan.

2. Berperan dalam mengurangi jumlah kendaraan bermotor dan polusi udara.

3. … (Silahkan diisi sendiri sesuai pengalaman)

Lanjut….saya mau belajar behitung kembali, misalnya kredit kendaraan roda dua biar tetap soal hepeng.

Roda dua sekarang ada yang dapat di DP 500.000 Rupiah.

Katakanlah cicilan per bulan : 495.000 Rupiah.

Dengan kata lain pengeluaran sehari – hari saya untuk ongkos dapat digunakan untuk kredit sepeda motor. Jika saya kredit sepeda motor, selama dua tahun pengeluaran saya untuk ongkos dapat menjadi sebuah sepeda motor. Jika tidak, pengeluaran untuk ongkos itu hilang begitu saja.

Kelebihan memiliki sepeda motor daripada kendaraan pribadi:

1. Lebih hemat waktu tempuh untuk ke berbagai tujuan.

2. Ruang gerak lebih leluasa, kapan saja mau menuju sebuah tempat ya silahkan saja.

3. …. (Silahkan isi sendiri)

Jadi pilih mana?

Kekurangan memiliki sepeda motor sendiri:

1. Ada pengeluaran tambahan untuk biaya perawatan (relatif murah)

2. Panas kepanasan, hujan kehujanan, dan baju kerja lecek karena jaket. Walaupun semuanya bisa disiasati.

3. Biaya untuk spare parts yang rusak atau aus

4. … (Silahkan isi sendiri)

 

Dengan segala pertimbangan untung rugi dalam berbagai aspek, terlihatlah hasilnya seperti yang kita lihat di jalan raya hari – hari belakangan ini. Semoga ini makin memperlancar kemampuan berhitung saya.

Tagged ,

Leave a Reply

