#10000Perbatasan

Ini intermezzo saja dari rangkaian tulisan Lensa Turing ke Teluk Kilauan, Lampung.

Tentang (lagi – lagi) isu pencaplokan tanah di negeri ini oleh negeri tetangga. Banyak ahli sudah memberikan pendapat ini dan itu tentang hal ini, banyak orang sudah bersuara, dan banyak aksi di jalan sudah dilakukan.

Saya hanya terpikirkan satu hal, daripada sibuk berpendapat, sibuk bersuara, dan sibuk beraksi di jalan tentang hal ini kenapa tidak memberikan satu tindakan nyata yang menyentuh esensi masalah.

Maaf kata, pendapat-pendapat, suara-suara, dan aksi dan aksi di jalan itu kok terasa seperti sekedar mencari eksistensi ya? maaf jika anda tidak setuju, habis itu kan kebiasaan di negeri ini? :p tapi saya berusaha percaya ada sedikit diantara pendapat, suara, dan aksi itu yang benar tulus.

Kembali ke tujuan tulisan ini.

Ada kemudian terdengar isu bahwa pemindahan patok batas negara itu dilakukan oleh warga negara negeri ini sendiri karena sebuah tujuan sederhana namun paling penting: mendapatkan sesuap nasi. Entah benar atau tidak namun kita sepertinya mesti mengakui bahwa kepedulian pemerintah pada saudara kita diperbatasan tidak setinggi kepedulian pada pembagian kekuasaan.

Kenapa tidak kita sendiri memulai misalnya gerakan 10000 untuk perbatasan? Gerakan yang mengajak siapa saja yang mampu dan bersedia untuk menyisihkan uangnya sebesar 10000 perbulan untuk diberdayakan bagi saudara kita di perbatasan.
Bentuknya bisa macam – macam, misalnya membangun Puskesmas gratis, mengirim guru untuk mengajar, dsb.

10000 per orang per bulan jika dikalikan 5 juta warga negeri ini jadinya: error klo dihitung pakai kalkulator handphone saya 🙂

Siapa yang mau memulainya? silahkan.

Advertisements
Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: