Sepakbola Indonesia, akan kemana?

Perjuangan tiada kenal lelah para pecinta sepakbola sejati Indonesia yang merindukan perubahan dalam stagnansi, beberapa waktu terakhir ini seperti akan menemukan titik terang. Dukungan berdatangan dan barisan pun semakin rapat (meski baru seperti batang lidi yang belum menyatu terikat, menurut pandangan @seppginz). Terakhir, terbitnya sebuah editorial dari goal.com internasional menjadi semacam anak panah yang akan tepat menghujam sasaran. Akankah berbuah manis semua ini?

Patut diingat bahwa sang paduka adalah bak belut yang sulit di jerat dengan banyak cara. Amunisi beserta pelontarnya dan jerat yang jauh lebih tajam dan lengkap tentulah menjadi syarat wajib yang tidak boleh lupa untuk disiapkan.

Menurut pendapat saya yang menjadi salah satu amunisi yang perlu disiapkan sedini mungkin adalah menyiapkan bakal calon pengganti sang paduka yang tepat. Lucu kiranya jika sang paduka lengser namun terjadi kelimbungan dalam menentukan siapa yang menjadi ujung tombak perubahan itu. Sang paduka akan terbahak dan jumawa jika itu terjadi. Dengan kedangkalannya ia mungkin berkata: sayalah yang paling tepat.

Mengingat sejenak cerita reformasi di negeri ini menimbulkan rasa ngeri kalau hal itu terulang kembali dalam kisah yang satu ini. Tanpa tokoh utama, panggung besar ini hanya menjadi arena pertarungan baru yang jauh dari esensi sejati.

Tulisan ini tidak akan menggiring opini pembaca untuk mencitrakan seseorang, namun tulisan ini muncul untuk mengajak siapa saja untuk mulai berpikir tentang siapa yang dipercaya memimpin bahtera besar.

Sebagai penutup, tulisan ini mengingatkan dua tugas besar bagi pengawal – pengawal revolusi sepakbola Indonesia.
1. Dengan berbagai cara yang elegan terus menekan adanya perubahan dalam sepakbola Indonesia.
2. Menyiapkan calon pengganti sang paduka.

Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: