U23 – Sisi Lain.

Menjelang pelatnas timnas U23 di Austria maka diadakan seleksi pemilihan pemain yang dimulai beberapa hari yang lalu. Dalam seleksi ini ada sekitar delapan puluh lima orang pemain dari dalam dan luar negeri yang dipanggil. Di dalam daftar terdapat nama – nama pemain keturunan yang sementara di nilai menjanjikan.

Dari seleksi tahap satu di dapat informasi kalau Riedl tidak memasukkan satupun pemain keturunan ke dalam kategori lolos seleksi. Kualitasnya tidak jauh berbeda dengan pemain lokal, begitu kira – kira jawaban Riedl soal hal tersebut. Satu hal lagi, Riedl puas dengan hasil seleksi tahap satu itu meski kualitasnya tidak dapat dibandingkan dengan pemain Eropa atau Asia.

Jawaban Riedl itu membuat saya berpikir bahwa di tengah minimnya prestasi dan runyamnya dunia sepakbola negeri ini ternyata banyak anak – anak remaja tidak kehilangan antusiasnya dalam mengolah si kulit bundar, sehingga banyak generasi penerus ini tidak kalah bersaing dengan saudara – saudaranya yang tinggal di belahan bumi lain yang mungkin memiliki fasilitas yang lebih baik dalam konteks pengembangan skill bermain bola.

Segera terbayang oleh saya seandainya sepakbola di negeri ini di kelola dengan baik. Bakat anak – anak ini dan generasi selanjutnya akan dapat berkembang dengan baik. Memiliki dua atau tiga pemain nasional yang bermain di liga besar Eropa nampaknya bukan sekedar mimpi di tengah hari bolong.

Perubahan harus segera dilakukan karena ibarat bibit tanaman, tidak semua bibit tanaman dapat tumbuh dan berkembang di tanah yang sedikit mengandung unsur hara yang menopang pertumbuhannya. Jika kondisi sepakbola negeri ini terus begini maka siap – siap saja kita semakin terpuruk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: